Siswa SD, SMP, Yuk Ikutan Lomba Cerdas Cermat Murid Nomor Wahid yang Digelar Museum R.A.A Adiwidjaja

oleh -

GARUTMU.COM-Setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Internasional. Hari Museum Internasional tahun ini mengusung tema “Museum, Sustainability and Well-Being” (Keberadaan Museum, Keberlanjutan dan Kesejahteraan), diharapkan dengan tema ini museum sebagai kontributor utama bagi kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan umat manusia.

Berkaitan dengan peringatan tersebut, Museum R.A.A Adiwidjaja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbub) Kabupaten Garut menyelenggarakan Lomba Cerdas-Cermat Tingkat SD/MI dan SMP/MTs bertajuk “Murid Nomor Wahid” yang akan berlangsung pada tanggal 23-25 Mei 2023 di Gedung Bale Paminton Intan Dewata, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum R.A.A Adiwidjaja sekaligus Ketua Panitia Acara, Hijriati Dewi, menuturkan, jika kegiatan Murid Nomor Wahid ini digelar dalam upaya pembinaan melalui informasi secara transformatif mengenai museum, sejarah, budaya dan cagar budaya umumnya dan di Kabupaten Garut khususnya.

“(Dan) mendorong akselerasi peningkatan kualitas masing-masing sekolah beserta peserta-didiknya dengan memonitor secara langsung puncak-puncak prestasi yang ditampilkannya, khususnya mengenai pengetahuan sosial, sejarah, seni dan budaya,” tutur Dewi dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/5/2023).

Museum sendiri, imbuh Dewi, merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Fungsi museum menurut International Council of Museums (ICOM) maupun Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. Sehingga tugas museum adalah menjadikan tempat penelitian bagi masyarakat (pengkajian), sebagai tempat yang memberikan edukasi (pendidikan), dan rekreasi (kesenangan).

“Secara umum, museum sebagai penyimpan memori kultural bangsa, sehingga bagi museum daerah seperti museum R.A.A Adiwidjaja diharapkan merupakan penyimpan memori kultural Urang Garut,” paparnya.

Dewi menambahkan, penyimpan memori kultural dimaksud, dari mulai asal-muasal peradaban, perjalanan terbentuknya pemerintahan dan kebudayaan Urang Garut hingga peninggalan yang terkategorikan sebagai benda cagar budaya ataupun warisan budaya tak-benda.

Ia berharap acara yang digagasnya ini bisa terlaksana sesuai harapan, bahkan ke depannya bisa program rutin baik melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, maupun Disparbud Kabupaten Garut.

“Khususnya bisa menjadi kegiatan rutin di UPT Museum R.A.A Adiwidjaja dan Gedung Bale Paminton. Semoga,” tandasnya.

Pendaftaran Lomba Cerdas-Cermat ini dimulai dari tanggal 20 Maret 2023 hingga 13 Mei 2023, dengan biaya pendaftaran per kelompoknya yaitu sebesar Rp150.000.

Bagi peserta yang ingin mengikuti lomba ini bisa mendaftarkan diri ke Museum R.A.A Adiwidjaja, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut ataupun untuk informasi lebih lanjut terkait lomba ini bisa menghubungi UPT Museum R.A.A Adiwidjaja melalui nomor Whatsapp 0853-2122-2265.