PAN dan Golkar Pertimbangkan Dukung Prabowo Capres 2024

oleh -

GARUTMU.COM — Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) mengakui kini mulai mempertimbangkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) setelah sempat mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Fikri Yasin mengakui nama Prabowo telah masuk kajian partainya sejak pertemuan lima partai saat bulan Ramadan lalu. Pertemuan itu turut dihadiri Presiden Joko Widodo.

“Memang potensi capres kita awalnya Ganjar Pranowo tapi saat ini Prabowo juga masuk dalam kajian kita,” kata Fikri saat dihubungi, Rabu (27/4/2023).

Bukan hanya di PAN, dia mengakui nama Prabowo mulai menguat di internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belakangan. Terutama bagi PAN dan Golkar setelah PPP resmi mendukung Ganjar.

BACA:  Elektabilitas Prabowo Melesat, Ganjar Tertinggal Gegara Tolak Israel

“Ya begitulah kondisi saat ini,” kata Fikri.

Menurut dia, keputusan soal itu akan diumumkan partainya dalam waktu dekat. Namun, Fikri memastikan sosok capres yang akan didukung PAN tak jauh dari nama-nama yang telah beredar.

Sementara itu, Partai Golkar sebelumnya juga telah memberi sinyal bakal merapat ke Gerindra.

Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya menilai pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto serta politikus senior Golkar Aburizal Bakrie di momen Lebaran menjadi sinyal kedekatan kedua partai.

Menurutnya, Gerindra dan Golkar sama-sama memiliki hubungan dekat karena lahir dari rahim yang sama.

“Yang perlu dicermati itu pertemuan Prabowo dengan Airlangga dan Aburizal Bakrie pada hari lebaran. Golkar dan Gerindra itu chemistri-nya sama karena berasal dari satu rahim,” kata Tantowi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (26/4/2023).

BACA:  Akhirnya Istri Bupati Garut Minta Maaf Sawer Duit Saat Daftar Bacaleg ke KPU

Sementara itu, KIB dijadwalkan bakal menggelar pertemuan pada Kamis (27/4/2023). Pertemuan rencananya akan digelar di kediaman Airlangga Hartarto malam nanti.

“Selain silaturahmi Idul Fitri, banyak topik yang akan dibahas tentunya. Salah satunya tentang capres dan cawapres yang akan didukung KIB,” kata Tantowi. ***