Menuju Kampung Literasi, TBM Hegar Manah Malangbong dikunjungi Bunda Ratna Inten Diana

oleh -

GARUTMU.COM, Malangbong – Jumat 16 Juni 2023, sekira pukul sepuluhan, di ruang baca TBM Hegar Manah, anak sedang asyik membaca; ada yang membaca Komik, membaca Novel, membaca anèka buku dan ada pula yang asyeeeek belajar menulis puisi, cerpèn, menggambar Komik.

Merèka polos dan gembira menikmati ruang baca yang alakadarnya sekali. Tetiba saja dikejutkan dengan sapaan salam yang sangat ceria dari sosok ibu muda yang asing bagi merèka. Sehingga merèka pada olohok dan bertanya-tanya siapa ini yang datang tiba-tiba?

Mèmang, tak ada angin tak ada hujan, tak ada kabar berita dari awalnya. Tetiba saja datang bertandang seorang tokoh perempuan aktivis sosial, sosok yang sangat inspiratif, seorang bunda bagi anak-anak disabilitas, seorang bunda bagi anak-anak thalassemia, seorang bunda bagi anak anak PAUD, tapi dia seorang kekasih dan istri bagi seorang dokter Tito, salaseorang staf kepresidenan, Bunda Ratna Inten Diana.

BACA:  Peacesantren Welas Asih, Pemondokan Berbasis Budaya Welas Asih di Garut

“Saya sangat haru dan terinspirasi menyaksikan antusias anak-anak untuk datang, membaca dengan penuh gembira, melukis dengan riang dan bahkan menulis dengan ceria di Taman Baca Masyarakat Hegar Manah ini. Padahal anak anak dan remaja seusia mereka pada zaman ini lebih enjoy dengan gadget, game onlèn, dan dunia maya lainnya, tapi anak-anak dan remaja di sini dengan sangat antusias menikmati buku dan membaca,” demikian ungkap bunda Inten pada saat berkunjung.

Sementara itu bu Nina yang sehari-hari dipanggil mamah Faiz, sang Founder dan Pembina Taman Baca Hegar Manah, yang dia rintis beberapa tahun lalu bersama suaminya pak Ujang Jubaedi, di sebuah kampung di pinggir bukit di Kecamatan Malangbong, mengungkapkan rasa bangganya pada anak-anak TBM Hegar Manah.

BACA:  TBM Hegar Manah, Wujud Kampung Literasi di Malangbong

“Bahkan dari mereka telah lahir 18 judul buku karya sastra mereka dan sekarang 16 judul buku sedang dalam prosès terbit, berupa kumpulan cerpèn, kumpulan puisi dan novel” ungkapnya.

Selain telah melahirkan anak anak yang produktif menulis, TBM Hegar Manah telah melahirkan pula beberapa Kontèn Kreator yang produktif dan menjadi nara sumber di berbagai seminar sebagai motivator dan memberi tutorial tentang menulis sastra dan membuat kontèn.

“Sebagai salaseorang rèlawan TBM Hegar Manah, aku sangat terinspirasi oleh bunda Ratna Inten Diana, yang tak pernah henti berkegiatan sosial, aku bener-bener speechless” ungkap Anggit Siti Khotimah saat dihubungi via chat WA.

Sebelumnya, TBM Hegar Manah juga dikunjungi oleh anggota Komisi V DPRD Jabar, Enjang Tedi Fraksi PAN dari daerah pemilihan Kabupaten Garut. Ia menegaskan bahwa aktivitas literasi di TBM Hegar Manah bisa menjadi percontohan TBM di Kabupaten Garut.

BACA:  Presiden Jokowi Akui Luar Biasa Bangga dan Terharu pada Perjuangan Putri Ariani

“Aktivitas TBM Hegar Manah mestinya bisa di replikasi dan dijadikan percontohan di tempat lain untuk wujudkan kampung literasi di Garut.” tegasnya.***

ET