Membanggakan! Mahasiswa UM Bandung Terpilih Menjadi Duta Inisiatif

oleh -

GARUTMU.COM, Bandung — Mahasiswa prodi Teknik Informatika UM Bandung Gita Amara Aulia terpilih menjadi Duta Inisiatif Indonesia Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Duta Inisiatif Indonesia merupakan program dari Non Governmental Organization (NGO) dengan nama Green Zinitiative.

Untuk mencapai prestasi ini, Gita harus bersaing dan menyisihkan ratusan peserta lainnya. Gita bersyukur dan bahagia dengan raihan prestasi ini. Gita menempuh berbagai tahap untuk mengikuti seleksi Duta Inisiatif Indonesia. ”Pada awalnya kami mengisi seputar data diri, motivasi, visi-misi, dan alasan ingin menjadi Duta Inisiatif Indonesia,” ucap Gita di UM Bandung pada Sabtu (08/06/2024).

Tidak hanya itu, Gita dan peserta lainnya juga menjalani tahapan penting seperti wawancara dengan para panitia. ”Peserta diberi pertanyaan seputar duta dan isu lingkungan sekitar beserta videonya,” kata Gita yang mengidolakan penyanyi Maudy Ayunda ini.

BACA:  Bangun Desa Mandiri, Mahasiswa UIN Bandung Jalin Kerjasama dengan PR NU Kertamukti

Setelah melewati tahap pemberkasan, para peserta mendapatkan mentoring dan pembekalan seputar Duta Inisiatif. ”Mentoring ini menjadi syarat bagi kami untuk bisa melakukan roadshow ke provinsi masing-masing untuk memberikan edukasi di sekolah ataupun lingkungan sekitar,” terang Gita yang saat ini menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UM Bandung.

Pengetahuan lingkungan

Gita menjelaskan bahwa Green Zinitiative bertugas mendorong generasi muda Indonesia untuk bergerak dalam menjalankan program Disaster Preparedness Education Roadshow. ”Dalam program ini kami membekali generasi muda seputar pengetahuan lingkungan berkelanjutan, kesiapsiagaan bencana, dan aksi perubahan iklim,” ungkap Gita.

Perempuan yang hobi pastry itu juga menjelaskan bahwa program tersebut ditujukan untuk para pelajar Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. ”Program ini guna mengakselerasi terwujudnya cita-cita Indonesia Emas tahun 2045 dan target Sustainable Development Goals 2030,” terangnya.

BACA:  Promosi PTMA di Media Sosial Bisa Tingkatkan Eksposur Kampus

Alumnus SMAN 1 Banjaran, Kabupaten Bandung, ini yakin bahwa perempuan juga bisa berkarya dan menuai prestasi. Tidak benar bahwa bahwa perempuan dianggap lemah dan hanya bisa banyak drama. Motivasi dirinya ikut seleksi hingga terpilih menjadi duta karena ingin memperluas relasi dan memberikan edukasi tentang lingkungan kepada masyarakat.

”Terpilihnya saya menjadi Duta Inisiatif tentu menjadi sebuah kehormatan besar bagi saya pribadi. Saya berharap sebagai Duta Inisiatif dapat memberikan kontribusi besar bagi kemajuan lingkungan di Jawa Barat.***(FK)

ET