Kata Bacalon Bupati Enjang Tedi, PAN Underdog di Pilkada Garut 2024

oleh -

GARUTMU.COM  – Dalam perbincangannya dengan tim Challenge Politic Talent, Enjang Tedi Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi orang pertama di internal partai yang mengambil formulir menjadi bakal calon Bupati Garut di Pilkada 2024. Dan dirinya menyebut bahwa partai PAN di Garut sebagai underdog.

“Di pilkada 2024, PAN ini sebenarnya underdog ya, kursinya cuman ada 2 di Kabupaten Garut. Kalau ukuran tiketnya pake pemilu 2024, PAN itu 2 kursi, sementara untuk maju ke kontestasi Pilkada itu harus 10 kursi. Karena 2 kursi Kita jadi waittensi underdog,”kata Enjang dalam perbincangan di sebuah cafe di Garut, Jum’at (3/5/2024).

Dikatakan Enjang, tanpa yang 8 kursi belum tentu bisa maju di Pilkada Garut 2024, dengan kemudian DPD PAN membuka pendaftaran dari kader terbaik, tetapi dengan syarat tentu saja mendapat koalisinya.

“Karena 2 kursi, sepertinya Kita Underdog, tapi jangan salah Indonesia itu Underdog masuk semifinal. Tapi jangan salah yang 8, terus yang 7 kursi aja masih cari partner koalisi,”ucapnya.

BACA:  Peneliti BRIN Sebar Ujaran Kebencian, Enjang Tedi Minta Mereka Ditindak Tegas

Lebih lanjut Enjang menuturkan, soal lobi-lobi politik itu kewenangan ketua partai, dirinya hanya seseorang yang di challenge oleh ketua partai untuk maju sebagai bacalon Bupati Garut.

 

“Saya hanya bisa menunggu penugasan saja, secara lobi politik informal selalu ada, interaksi para politisi itu selalu ada,”ujarnya.

 

Menurutnya, Kabupaten Garut ini dinamis, banyak para kandidat mulai berkomunikasi dengan berbagai partai politik, “jadi banyak calon yang berminat baik dari internal partai politik maupun dari eksternal. Ya dengan berbagai latar belakang ada pengusaha, akademisi, ada para mantan ASN dan purnawirawan , jadi Saya kira Garut ini tetap sesuatu yang menarik bagi putra putri terbaik Kabupaten Garut yang terpanggil untuk mengikuti kontestasi Pilkada, termasuk salah satunya Saya,”bebernya.

BACA:  Sah! Megawati Tunjuk Ganjar Pranowo Capres 2024 dari PDIP

 

Kata Enjang, Garut ini Pangirutan, Garut yang selalu bikin kangen, jadi Garut ini selalu bikin kangen untuk yang ada di Garut ataupun orang Garut yang sedang berkiprah di luar.

Nah kenapa Garut itu Pangirutan bikin kangen, imbuhnya, karena dengan segenap potensi yang dimiliki oleh Garut yang dianugerahkan oleh Alloh SWT, baik dari segi sumberdaya alamnya, kemudian kekayaan kulinernya, dan paling utama terpenting adalah potensi dan kekayaan warga Garut nya.

“Garut Pangirutan itu harus diperjuangkan sehingga Garut ini selalu menjadi kebanggaan untuk Kita semua, jadi Garut itu kata anak-anak muda milenial harus pride, Garut pride, dan itu ada indikatornya yaitu harus nanjeur (harus maju), lebih unggul dengan Kabupaten lainnya,”bebernya.

Enjang menjelaskan, dalam waktu dekat Partai Amanat Nasional akan melaksanakan rakornas Pilkada.

“Ini kan baru tahap pendaftaran belum dilaporkan DPD ke DPW, dalam waktu dekat ini PAN akan melaksanakan rakornas Pilkada, pendaftaran nanti akan dilaporkan ke DPW, kemudian DPD akan melaporkan apa yang sudah dilakukan seperti pendaftaran, komunikasi politik progres nya seperti apa, kemudian koalisinya dengan siapa. Jadi kalau PAN ini 2 kursi Kita realistis berkoalisi dengan yang 8 kursi, karena kita ini juru kunci kursi jadi kunci juga, sama-sama mempunyai peluang di Pilkada Garut 2024,”pungkasnya.

BACA:  Setahun Emban Amanat Rakyat Garut, Ini Jejak Kerja Enjang Tedi di DPRD Jabar

Sekilas profil Enjang Tedi

Enjang Tedi asli putra daerah Garut, lahir di Kaki Gunung Mandalawangi, Kecamatan Kadungora, Garut, tepatnya di Kampung Sukasari, Desa Rancasalak.

Jenjang Pendidikan dirinya bersekolah di Garut dari mulai jenjang SD, SMP, SMA, kemudian melanjutkan di perguruan tinggi UNPAD Bandung jurusan komunikasi penyiaran islam, dan melanjutkan pasca sarjana di universitas Islam Bandung.***

ET