Islam Ajarkan Kinerja Unggul Lewat Al-Quran dan Hadis

oleh -

GARUTMU.COM, Bandung — Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto menyatakan bahwa umat Islam sebagai khaira ummah (generasi terbaik) harus memiliki kinerja unggul demi kemajuan bangsa dan persyarikatan Muhammadiyah.

Pernyataan ini disampaikan Herry saat mengisi pengajian Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bandung di Aula Al-Irfani, Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Antapani, Kota Bandung, pada Minggu (02/06/2024).

Di hadapan jamaah, warga, dan pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kota Bandung, Herry menegaskan bahwa agama Islam melalui Al-Quran dan Hadis telah mengajarkan umatnya untuk membentuk karakter dengan kinerja unggul.

“Banyak khazanah ilmu pengetahuan dalam Al-Quran dan Hadis yang mengajarkan kita untuk membentuk kinerja yang unggul,” ujar Herry.

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa cara bagi umat Muslim untuk mencapai kinerja unggul. Di antaranya adalah memiliki pemikiran mendalam dan pemahaman yang baik terhadap masalah yang dihadapi, yang dapat membantu umat Muslim membangun kinerja yang unggul.

BACA:  Bayar Utang atau Beri Sumbangan, Mana yang Harus Didahulukan? Ini Jawaban Tarjih Muhammadiyah

“Ketika kita dapat memahami suatu masalah dengan baik, otomatis kita bisa memberikan solusi dan strategi yang baik pula untuk memecahkan masalah tersebut,” kata Herry.

Selain itu, Allah SWT juga telah memerintahkan umat Muslim untuk melakukan perubahan demi menghasilkan keunggulan bagi bangsa maupun persyarikatan.

“Kita patut bersyukur berada di lingkungan Muhammadiyah dan mendapatkan pendidikan yang memungkinkan kita terus melakukan pencerahan dan menghadirkan perubahan ke arah yang lebih baik,” jelas Herry.

Dalam upaya mencapai kinerja unggul, umat Muslim perlu membangun sistem yang kokoh untuk menopang keutuhan umat.

“Keberadaan orang-orang yang luwes dan saling mendukung dalam memperkuat struktur umat sangat dibutuhkan oleh persatuan ini,” tambahnya.

BACA:  Jadilah Manusia Tangguh, Sebab dalam Kesulitan Ada Kemudahan!

Umat Muslim harus mengutamakan kualitas yang baik dalam melaksanakan berbagai amal dan kegiatan sebagai khaira ummah. Amalan yang baik, kata Herry, adalah amalan yang dilakukan secara berkualitas dan melebihi ekspektasi yang diharapkan.

Hal lain yang perlu dilakukan dalam membangun kinerja unggul adalah selalu memperhatikan efisiensi dalam menggunakan sumber daya yang ada.

“Jika kita melakukan pemborosan, sumber daya yang ada tidak akan menghasilkan apa-apa,” ungkap Herry.

Oleh karena itu, eks Rektor IPB ini mengajak umat Muslim, khususnya warga Muhammadiyah, agar senantiasa menjadi generasi umat yang istimewa untuk mencapai kinerja terbaik dalam kehidupan.

“Kinerja terbaik yang kita berikan kepada umat nantinya akan memberikan manfaat yang baik pula kepada kita,” pungkas Herry.***(FK)

BACA:  2 Langkah Islami Menjaga Kebersihan Lingkungan yang Berkah dan Berpahala
ET