Esai Bertema Identitas Diri Bawa Mahasiswa UM Bandung Raih Juara Dua di Psychopora UMS 2024

oleh -
Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung.***

GARUTMU.COM, Bandung – Mahasiswa prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Aulia Zakiyah Almardiyah berhasil menjadi juara dua lomba esai dalam Lomba Nasional S1: Psychopora UMS 2024 – Milad Fakultas Psikologi UMS. Esai karya Aulia itu berjudul “My Life My Film Series: Sebuah Strategi Pencarian Identitas Diri.”

Aulia bersyukur bisa berpartisipasi dalam acara ini dan berhasil merengkuh juara. Ia mengaku bahagia ikhtiarnya bisa membuahkan hasil meskipun ini pertama kali dirinya mengikuti lomba. “Pastinya senang banget karena pertama kali ikut lomba esai alhamdulillah bisa membawa nama baik UM Bandung dalam skala nasional,” ujarnya di UM Bandung pada Senin (27/05/2024).

Meskipun terbilang singkat dalam persiapan, Aulia tidak mendapatkan kesulitan berarti dalam penulisan esai yang akan diperlombakan. Hal itu karena Aulia mampu mengatur waktu dengan berbagai kegiatan perkuliahan dan aktivitas kampus yang cukup padat.

BACA:  Promosi PTMA di Media Sosial Bisa Tingkatkan Eksposur Kampus

Ia terbiasa dengan dunia literasi. Ia selalu membaca berbagai bahan belajar dari ragam bacaan dan referensi, tidak hanya terkait prodi di UM Bandung, tetapi dari rumpun ilmu lain. Termasuk juga selama belajar dan menimba ilmu di UM Bandung.

Ia juga aktif menulis artikel populer di portal online. “Sebetulnya, selama kita paham seperti apa redaksi dan bagaimana struktur penulisan, insyaallah kita akan bisa membuat karya tulis yang otentik,” tuturnya.

 

Untuk bisa menghasilkan esai ilmiah ini, Aulia menyusun konsep sendiri ditambah dengan ide kreatif yang dipadukan dengan teori sehingga menghasilkan karya yang relevan. Esai karya gadis asal Majalengka ini menarik dibaca karena memuat informasi yang baik dengan penggunaan bahasa baku yang gampang dipahami.

BACA:  Ciptakan Ketertiban! Polres Garut Terapkan Jam Malam Pelajar, Enjang Tedi Ingatkan Pentingnya Program Persuasif

“Gaya bahasa tulisan aku terkesan baku dan ilmiah. Buku-buku yang aku baca dominan bertema self improvement, sejarah, atau novel Tere Liye dengan gaya bahasanya yang baku dan formal juga mempengaruhi gaya tulisan aku,” tandas mahasiswa UM Bandung angkatan 2021.

Kaprodi Psikologi UM Bandung Riyanda Utari turut bangga dan mengapresiasi capaian prestasi ini. Menurut Riyanda, prestasi ini adalah bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, dan semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan akademis dan intelektual. Keberhasilan ini tidak hanya mengharumkan nama pribadi, tambah Riyanda, tetapi membawa kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika prodi Psikologi UM Bandung.

“Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkarya. Teruslah berinovasi dan memberikan kontribusi positif serta jangan pernah berhenti belajar dan mengembangkan diri. Sekali lagi selamat atas pencapaian yang luar biasa ini,” kata Riyanda.***(FA)

ET